Apa Bedanya Profesi Sebagai Perias dan Make Up Artis?

Perias dan MUA – Dulu sekali ketika menggelar acara pernikahan pasti akan mendatangkan jasa rias pengantin untuk merias pengantin juga anggota keluarga yang ikut berpartisipasi. Jasa rias ini biasanya sepaket dengan dekorasi, panggung acara, sound system dan bahkan souvenir serta buku tamu.

Beda halnya dengan sekarang, seiring makin banyaknya profesi Make Up artis baik freelance atau bentuk usaha profesional, panggilan merias tidak lagi hanya tertuju pada jasa rias dan salon.

Namun tahukah anda ternyata perias dengan Make Up artis memiliki beberapa perbedaan yang mungkin tidak begitu diketahui setiap orang. Berikut ini adalah beberapa perbedaan antara perias dengan Make Up artis.

1. Sekolah Kecantikan

Seorang perias umumnya sudah melewati tahapan pendidikan keterampilan melalui sekolah kecantikan atau lembaga kurur merias dengan berbagai tingkatan keterampilan yang harus dilalui sampai akhirnya dinyatakan lulus dan siap membuka jasa rias.

Durasi belajar merias di sekolah dan kursus kecantikan yang diemban oleh perias dapat berdurasi bulanan sampau tahunan dari mulai belajar merias penantin tradisional, mencukur dan mengecat rambut, menata rambut, juga membentuk alis sampai akhirnya expert dibidangnya.

Selain itu, perias juga harus melewati fase tes melalui pelatihan kerja lapangan untuk mendapatkan jam terbang dan pengembangan keahllian yang ditekuni sampai kemudian menjadi perias profesional dan siap membuka jasa rias dan melayani klien.

Berbeda dengan Make Up artis, meskipun sama-sama menganyam pendidikan kursus Make Up artis dari trainer dan senior ahli per-Make Up-an, namun profesi ini lebih cenderung pada pengembangan diri dalam keahlian merias secara otodidak. Dengan modal berani dan percaya diri, seorang Make Up artis bisa menawarkan kelihaian meriasnya lewat promosi jasa rias di media sosial sampai akhirnya menjadi recommended MUA.

2. Keterampilan Merias

Seorang perias yang telah berhasil menyelesaikan studi merias dapat memiliki lebih banyak keterampilan merias dari mulai riasan tradisional, riasan rambut, riasan kuku, riasan pakaian dan lain sebagainya. Sedangkan seorang MUA lebih cenderung memiliki penguasaan teknik merias wajah saja.

3. Jasa yang Ditawarkan

Perias tidak hanya menawarkan jasa merias saja, biasanya terdapat paket borongan yang juga ditawarkan seperti sewa baju pesta, dekorasi dan lain-lain. Adapun layanan rias yang ditawarkan oleh Make Up artis cenderung hanya pada bagian Make Up saja. Jika pun ada service tambahan lain, biasanya hanya sebatar hijab atau hasa hair do saja.

4. Standar Merias

Keahlian merias yang dimiliki oleh perias lebih berkarakter pada standar tertentu seperti menguasai berbagai riasan tradisional daerah tertentu. Sementara Make Up artis lebih mengedepankan selera pasar dan tren modern saat itu.

Terlepas dari beberapa perbedaan antara perias dan Make Up artis, keduanya tetap memiliki keahlian mendasar dalam merias yang telah berhasil dikuasai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *