Merawat Mesin Fotocopy

Peralatan yang sering dipakai biasanya rentan akan kondisi rusak. Tetapi hal ini dapat dihindari jika dilakukan perawatan. Mesin fotocopy sebagai alat untuk memperbanyak dokumen dalam sebuah perusahaan atau usaha mandiri, tentu memiliki intesitas kerja yang berat. Ini mungkin akan menyebabkan kerusakan jika tidak dilakukan perawatan dengan rutin. Maintenance fotocopy wajib dilakukan pemilik agar mesin dapat tetap bekerja optimal dan hasil yang baik pula.

Untuk perawatan mesin fotocopy ini sebenarnya sangat mudah dilakukan setiap hari. Setiap pemilik mesin dapat melakukannya dengan peralatan sederhana. Memerlukan konsisten dan ketelatenan untuk lakukan maintenance mesin fotocopy. Berikut adalah tips untuk merawat bagian-bagian mesin fotocopy.

Badan Mesin
Debu yang menempel dibadan mesin dapat menggunakan lap atau kemoceng. Hindari sampah kecil yang menmpel di badan mesin seperti isi hekter, klip kertas, selotip atau bahan lain yang dapat masuk ke sela-sela mesin. Hal ini akan menyebabkan kerusakan.

Kaca Mesin Fotocopy
Tampilan kaca yang digunakan untuk meng-copy dokumen harus sering dibersihkan. Jika kaca dalam keadaan bersih, ini akan menghasilkan hasil cetak yang lebih baik karena tidak terhalang oleh kotoran berupa debu, minyak atau noda lainnya. Bersihkan menggunakan lap bersih, bahkan jika perlu kita dapat gunakan alkohol untuk menjaga kebeningan kaca mesin.

Roller Karet
Bagian mesin untuk menarik dan memperlancar laju kertas disebut dengan roller yang terbuat dari karet. Bersihkan debu dan kotoran lain yang menempel di roller ini dengan rutin agar kinerjanya tetap baik. Perhatikan juga tekstur roller karet, jika sudah aus maka harus segera diganti agar laju kertas dapat berjalan dengan lancar.

Drum Mesin
Drum fotocopy merupakan tempat untuk proses pencetakan dokumen. Kondisi drum ini tidak boleh dalam keadaan lembab, sehingga harus dilakukan perawatan agar keadaan drum dapat terjaga.

Waste Toner
Toner bekas fotocopy yang terdapat dalam drum akan ditampung dalam sebuah wadah yang bernama waste tank. Wadah ini harus sering diperiksa dan dipersihkan agar tidak terjadi kerusakan yang menyebabkan tinta akan bocor dan merusak hasil cetak dokumen.

Setelah mengetahui bagian-bagian mesin fotocopy yang harus dibersihkan, maka hal pertama yang harus disiapkan adalah peralatanya. Selain proses perawtan yang harus rutin dilakukan untuk menjaga kondisi mesin agar tetap dalam kondisi baik diantaranya adalah:
a. Hindari tempat lembab ketika menyimpan mesin fotocopy.
b. Periksa tegangan listri agar tetap stabil.
c. Simpan di tempat yang permukaannya datar.
d. Jaga dari hama yang dapat mengganggu kedaan mesin, seperti semut, tikus atau kecoa.
e. Selalu memastikan kondisi kertas yang akan dimasukan dalam mesin.

Perawatan yang rutin dilakukan akan menjaga mesin dari keruskaan yang fatal. Sewa Fotocopy jika memang terjadi kerusakan yang tak dapat dihindari, maka segeralah hubungi maintenance fotocopy yang akan lebih mengetahui bagaimana cara memperbaiki mesin yang rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *